Review Novel Resign; Almira Bastari

Berawal dari kebosanan dan pemikiran butuh bacaan absurd; bacaan absurd yang dimaksud bukan bacaan berat seperti Tarian Bumi atau Bumi Manusia. Melainkan bacaan ringan yang menghibur, dan bikin ngakak. Berhubung udah lama banget kayaknya gak  baca novel metropop, alhasil cari-carilah recommend novel metropop yang bagus. Taraaaaa ketemulah dengan novel satu ini; Resign! Kepincut sama review dari beberapa blogger yang bilang novel Mba Almira Bastari ini kayak Ilana Tan dan Ika Natassa yang sekali debut, langsung booming, udah deh langsung aja baca, dan hasilnya WAKAKAKAK! Makasih banget buat Mba Almira Bastari yang udah bikin aku ngakak, dan ngerasa terhibur banget sama tokoh Alranita, Karenina, Carlo, Andre, dan Tigran.

Oke langsung aja kita mulai sinopsisnya:



(Gambar dari google, karena aku bacanya lewat ebook)

              Resign sendiri diambil dari problema geng The Cungpret  alias Kacung Kampret yang terdiri dari Alranita (Rara), Mba Karen (Karenina), Carlo, dan Andre yang mempunyai Bos super duper nyebelin plus bujang lapuk yang bernama Tigran. Mereka membuat taruhan atau yang mereka sebut arisan untuk berlomba-lomba siapa yang resign duluan. Apesnya, Tigran bos mereka yang nyebelin itu kayak punya radar kuat soal rencana resign mereka. Tiap ada jadwal interview, pasti selalu gagal. Dibalik sikap bossy dan nyebelinnya Tigran, ternyata doi diam-diam simpati sama Rara. Banyak banget insiden yang membuat Rara terjebak harus menghabiskan waktu bareng Tigran, dan semua itu gak sepenuhnya kebetulan, melainkan karena Tigran sengaja. Rara yang gengsi gak mau jadi bahan gosip The Cungpret karena jalan sama Tigran, memilih menyembunyikan kedekatan mereka. Endingnyaaa baca sendiri aja deh, karena aku gak mau spoiler ehehehehe yang jelas happy ending kok.

Karakter Favorit:

Rara dong pastinya, dibalik sikap dia yang suka ngeluh sama Tigran karena disuruh revisi 13 kali dalam 1 hari, hampir gak dibolehin ambil cuti, Rara pribadi yang menyenangkan, tegas terhadap junior kayak Sandra yang dramaqueen dan caper abis sama Tigran. Kedua, aku suka sama karakter Mba Karen, karena menurutku dia super moms banget, dan walaupun udah punya anak, justru dialog dia yang bikin aku paling ngakak. Apalagi dialognya sama Rara pas minta photoin Tigran abis berenang wkwkwk

Scene Favorit:

Untuk Scene aku suka semua scene mereka yang di kantor, ngeluh dan gosipin Tigran. Apalagi ketika Carlo bilang kalo mergokin Tigran makan sama cewek dan padahal cewek itu Rara wkwkwk Sumpah ya, dialognya itu loh yang bikin asyik banget bacanya, sampe gak berasa tau-tau udah tamat aja.

Kelebihan Novel:

Kelebihan novel Resign ini menurutku terletak dari dialognya yang kocak abis, guyonannya khas orang kantoran banget. Biasanya aku pribadi gak terlalu suka sama novel yang terlalu ngejual dialog, tapi ini pengecualian. Terus juga novel Resign ini ngangkat cerita yang emang related banget sama kehidupan sehari-hari, kehidupan pegawai yang suka ngeluh sama kerjaan, pengen resign tapi gak jadi-jadi (kayak aku wwkwk). Selain itu bahasa yang dipakai juga kebanyakan Bahasa Indonesia gak kayak novel-novel metropop lain yang suka banget nyampurin bahasa Inggris yang menurutku kebanyakan, di novel ini porsinya PAS. Terus bagi kalian yang gak hopeless romantic, ini novel cocok deh soalnya adegan romantisnya masuk akal banget, gak yang wah wah banget misalnya seorang Tigran yang kaya raya ngajak Rara makan di McDonald, nembak Rara aja di parkiran mobil, ngelamar Rara di bioskop di tengah-tengah iklan film, gak ada adegan cowoknya bertekuk lutut, dan dialog yang super romantis banget. Tapi semuanya pas kok, manisnya dapet tanpa pakai gula tambahan.

Kekurangan Novel:

Ini mungkin bukan kekurangan ya melainkan rasa ketidakpuasanku sebagai pembaca yang nuntut lebih ehehe misalnya kayak adegan Rara pacaran sembunyi-sembunyi takut ketahuan sama geng The Cungpret di kantor harusnya lebih dikembangin, karena pasti kocak banget. Trus Endingnya tambaah lagiiiii, pengen banget ngeliat Rara yang awkward sama Tigran setelah pacaran dengan Bos sendiri wkwkwk.

Kutipan Favorit:

Jadi, tiap awal bab, itu selalu diselipin kutipan-kutipan yang ngena dan kocak juga. Beberapa kutipan Favorit:

"Apalah arti usaha Resign saat melihat rekening pada awal tahun?" 
(Hal 127)

"Gosip itu seperti energi, tidak mungkin dihilangkan, tapi dapat berpindah atau berubah bentuk." (Hukum Fisika The Cungpret).
(Hal 134)

"Sepandai-pandainya menyimpan rasa, pada akhirnya akan terungkap juga dari ekspresi mata." 
(Hal 147)

"Saya nggak pernah menyuruh lembur. Kalau kamu sampai lembur, justra saya yang harusnya bertanya, dari pagi ngapain saja?" 
(Hal 191)




Setelah baca dan terhibur banget sama tulisan Mba Almira Bastari ini, pantas deh kayaknya kalau aku kasih nilai 4.5/5



0 komentar